Tuban - Otomotif – Dari semua jenis mobil yang sudah dikeluarkan oleh pabrikan Toyota, mungkin toyota kijang merupakan salah satu mobil toyota yang mempunyai histori yang sangat panjang, dimana mobil jenis MPV satu ini memiliki masa produksi yang paling lama, sampai sekarang ini sudah melahirkan 6 generasi dan setiap generasinya mempunyai model yang berbeda.
Toyota kijang kapsul merupakan generasi keempat (tahun 1997 - 2000) dan dalam perakitan bodinya ini didominasi oleh jepang. kalau sebelumnya Toyota Astra Motor memanfaatkan perakitan bodi mobil banyak menggunakan karoseri. Pada generasi ini sudah dikatakan menyiratkan mobil yang sesungguhnya. Desainnya membulat seperti kapsul dan lebih aerodinamis dan menjadi loncatan desain yang sukses memikat masyarakat indonesia pada masanya.
Mesin Toyota Kijang Kapsul
Pada kijang yang dikenal sebagai kijang baru ini, Toyota mengeluarkan dua Type mesin yakni Mesin bensin 1800cc (type 7K) seperti generasi sebelumnya dan mesin siesel 2400 (type 2L) tanpa turbo milik Toyota Hiace yang membuat persaingan dengan Isuzu Panther untuk mobil keluarga bermesin diesel yang saat itu mendominasi pasaran Indonesia.
Kijang kapsul 1997-1999
Pada kijang versi tahun 1997 - 1999 atau bisa dikatakan Kijang kapsul Gen 1, mesin masih menggunakan karburator. Barulah padda tahun 2000, tersedia mesin bensin dengan system Electronic Fuel Injection (EFI). Ada dua pilihan untuk mesin bensin EFI, yaitu 7K-E dengan kapasitas 1800cc bertenaga 80 hp dan 1RZ-E dengan kapasitas 2000cc bertenaga 100 hp yang diambil dari Toyota Hilux. Meskipun mesin 1RZ-E secara teknologi lebih canggih jika dibandingkan dengan mesin 7K-E, namun mesin bensin 2000cc ini kurang begitu laku di pasaran Indonesia karena konsumsi bakarnya yang dinilai lebih boros dibandingkan dengan tipe 7K-E 1800cc. Kijang 2000cc ini hanya terdapat pada tipe SGX, LGX, dan Krista. Untuk tipe LX, SX dan Pick-up keluaran 1997-1999, masih menggunakan transmisi manual 4 percepatan, sedangkan model lainnya menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Namun dari jenis mesin yang konsumsi BBM paling boros yang masih menggunakan mesin karburator, dan performanya paling besar yakni mesin 2.400cc.
Kijang kapsul 2000 - 2002 (facelit)
Perubahan mesin ini dinamai New Kijang EFI dengan mengubah desain lampu menjadi "lampu kristal" yang menghilangkan lampu kabut built-in yang terdapat pada tipe LGX/SGX sebelumnya. Lampu model ini juga terdapat pada lampu belakang, desain bumper baru, dan juga desain velg roda yang berbeda serta seatbelt (sabuk keselamatan) pada jok penumpang bagian tengah (varian SSX/LSX dan SGX/LGX). Selebihnya hampir sama dengan sebelumnya. Opsi velg alloy racing 15" bermerek Enkei tersedia untuk varian LSX dan SSX. Facelit terakhir mengubah bentuk lampu depan, lampu belakang diberi hiasan ala Toyota Land Cruiser, bumper desain baru, kelir interior baru, desain setir baru serta menghilangnya varian diesel tipe sasis pendek dan varian mesin 1800cc untuk tipe krista.
Dilahirkan sebagai mobil MPV atau mobil keluarga, Toyota Kijang Kapsul mempunyai bentuk yang cukup kokoh dan elegan. Hal ini bisa dilihat dari kemasan body mobil yang cukup elegan dengan balutan body yang tidak kaku pada setiap sasisnya. Selain itu Toyota Kijang Kapsul ini juga mampu memenuhi segala kebutuhan masyarakat yang menginginkan sebuah mobil keluarga yang mampu menunjang kebutuhan keluarga yang menginginkan sebuah mobil yang mampu menampung penumpang dan juga barang-barang.
Desain Interior Toyota Kijang Kapsul
Interior Toyota Kijang Kapsul, mempunyai tampilan yang cukup simpel namun terkesan stylish. Dibagian interior inilah terdapat beberapa perbedaan dari varian Toyota Kijang Kapsul, perbedaan yang paling mencolok pada interior mobil ini yaitu bagian doortrim. Mungkin untuk sobat yang ingin mengenal lebih lagi tentang mobil MPV Toyota yang satu ini, mari simak Spesifikasi dan Harga Toyota Kijang Kapsul secara lengkap di bawah ini.
Kelebihan Toyota Kijang Kapsul yang banyak orang ketahui yaitu ruang kabin mobil ini yang sangat lega, tentunya sangat cocok dikendarai untuk mereka yang mempunyai anggota keluarga yang cukup banyak, pasalnya mobil MPV yang satu ini mampu menampung sebanyak 7 Orang dewasa, ditambah lagi dengan daya tampung barang yang cukup banyak menjadikan mobil ini sangat cocok dibeli bagi mereka yang menginginkan sebuah mobilitas tinggi.
Interior kijang kapsul tahun 1997-1999
Interior kijang kapsul tahun 2000-2002
Selanjutnya untuk tampilan interiorna sendiri cukup sederhana dan simpel, dimana pada bagian dashbordnya hanya terpampang dashbord dengan tampilan yang polos, dan pada bagian tengah tersematkan beberapa panel fitur interior seperti perangkat audio mobil dan AC. kemudian untuk panel indikatornya semua tampilannya sama dari semua varian. Namun yang menarik pada bagian dashbordnya terdapat ruang laci yang digunakan untuk menimpan berbagai barang bawaan dengan ukuran yang kecil.
Suspensi Toyota Kijang Kapsul
Mengusung dimensi body mobil yang cukup bongsor dengan peenggunaan material body yang berkualitas, tentu sangat berpengaruh pada bobot mobil. sadar dengan bobot mobil Toyota Kijang Kapsul yang cukup berat, jadi sudah selayaknya Toyota menyokong mobil ini dengan suspensi yang handal yang mampu memberikan hendling yang baik dan sempurna. Untuk menunjang handling yang sempurna, kijang kapsul ini dibekali dengan suspensi independent double wishbhone untuk bagian depan dan rigid axle per daun untuk bagian belakangnya.
Panjang : 4245 mm.
Lebar :1670 mm.
Tinggi : 1770.
Ground Clearance : -
Berat Kosong : 1250 kg.
Suspensi Belakang : Rigid axle isoclamp dengan pegas.
Suspensi Depan : Double wishbone dengan pegas.
Sistem Rem Belakang : Tromol dengan tandem vacum booster.
Sistem Rem Depan : Cakram berfentilasi.
Ukuran Ban/Velg : 215/70R17 Steel.
Jenis Mesin : 4 Silinder SOHC.
Isi Silinder : 1781 cc.
Bahan bakar : Bensin.
Tipe steering : Rack & pinion.
Diameter Langkah : 80,5 x 87,5.
Konsumsi BBM (Bensin) : 1 : 9km dalam kota, 1 : 12km Luar kota.
Konsumsi BBM (Solar) : 1 : 11km dalam kota, 1 : 14km Luar kota.
Transmisi : 6-Speed AT Sequential.
Torsi Maksimum : 14,6kgm/2800RPM.
Daya Maksimum : 84Nm/4800RPM.
Demikian ulasan spesifikasi Mobil Toyota Kijang Kapsul yang bisa kami informasikan pada sobat semuanya, dari pembahasan spesifikasi diatas bisa kita simpulkan bahwa mobil ini menawarkan kenyamanan berkendara ang tinggi dengan ruang kabin yang lega. Kemudian mobil ini juga memiliki performa mesin optimal yang memungkinkan para pengguna bisa melakukan perjalan diberbagai karakter jalanan. Untuk harga Toyota Kijang Kapsul, sobat bisa melihatnya dibawah ini.
Daftar Harga Toyoa Kijang Kapsul Kapsul Bekas
Harga Kijang Kapsul Krista : 75-100 Juta.
Harga Kijang Kapsul LGX : 75-115 Juta.
Harga Kijang Kapsul LSX : 65 - 80 Juta.
Harga Kijang Kapsul LX : 55 - 70 Juta.
Harga Kijang Kapsul Rangga : 55 - 70 Juta.
Harga Kijang Kapsul SGX : 80 - 85 Juta.
Harga Kijang Kapsul SSX : 75 - 80 juta.
Harga Kijang Kapsul SX : 55 - 70 Juta.
Info daftar harga toyota kijang kapsul merupakan harga yang ada dipasaran mobil bekas, dari tabel di atas bisa kita simpulkan bahwa untuk harga Kijang Kapsul yang paling murah yaitu untuk tipe Rangga dan LX sedangkan untuk yang paling mahal yaitu tipe krista dan LGX. Meskipun secara tahun keluaran mobil ini tergolong cukup tua, namun untuk urusan kenyamanan mobil ini bisa diadu dengan mobil MPV masa kini.
Comments
0 Response to "Spesifikasi dan Harga Toyota Kijang Kapsul Semua Type"
Posting Komentar